Hanya tempat berbagi

الإسلام

Islam artinya berserah diri, jadi Muslim artinya adalah berserah diri. Kepada siapa ? Kepada yang menciptakan muslim itu sendiri, yaitu Allah Azza wa Jalla.

أحبّ

أحبّ = Mencintai, (Eng : Loving)

انا

Saya (English : I)

Dari Sebatang Pohon Kurma

­
Sudah sekitar 2 pekan hujan turun, di penghujung Ramadhan yang tinggal beberapa hari ini ada peristiwa aneh di Masjid yang letaknya tak jauh dari tempat tinggal saya. Pohon Kurma yang ditanam oleh takmir masjid namapaknya hampir menemui ajalnya. Pohon tersebut kering dan daun-daunnya juga ikut kering, Dahan-dahannya yang kemarin tegak menjadi bengkok ke satu arah akibat terpaan angin musim kemarau. Tanah tempat pohon ini berdiri pun juga kering, tidak terlihat rumput-rumput kecil yang biasanya kehijauan di sekeliling batang pohon tersebut. 
Memang akhir-akhir ini panas sekali, bahkan benar-benar menguji ketahanan para shoim (orang yang berpuasa). Ok, kembali kepada phon kurma yang kering, sama halnya dengan hati kita bila mengalami ‘musim kemarau’ yang terlalu panjang maka hati pun bisa menjadi kering kerontang. Maka dibutuhkan air untuk kesuburannya, bahkan pupuk agar kesuburan hati tetap terjaga. Airnya adalah dzikrullah, tilawah Al-Quran, berderma, mengingat kematian, mengunjungi orang sakit, dan sbagainya. Maka dengan demikian hati menjadi lebih subur. Mudah-mudahan hati kita dijaga oleh Allah dan ditetapkan di jalan-Nya yang lurus, serta diberi kemudahan untuk melihat tanda-tanda kebesaran-Nya walaupun dari hal-hal yang kecil.
~USmd~

Categories: